Promosi Bisnis Online Lewat Kontes Berhadiah di Facebook!

Posted on

promosi bisnis online lewat

Siapa yang tidak tertarik dengan kontes berhadiah? Wow !!! Pastinya ini adalah hal yang menarik bagi banyak orang. Ternyata kontes berhadiah ini juga bisa membantu Sobat dalam mempromosikan bisnis online Sobat. Cara ini akan menambah jumlah fans Sobat di halaman Facebook. Bagi Sobat yang menjual produk di Facebook dalam skala kecil, promosi sederhana ini bisa Sobat terapkan di halaman Facebook.

Selain promosi yang sederhana, hadiah yang Sobat berikan juga sederhana. Hadiah yang diberikan tidak perlu mahal dan memakan budget yang sudah Sobat siapkan. Sobat bisa mengambil beberapa produk di gudang untuk dijadikan hadiah. Lalu seperti apa kontes berhadiah yang bisa diterapkan? Will Sigsworth dari SocialMediaFrontliners.com mengungkapkan ada beberapa kontes berhadiah yang bisa Sobat terapkan.

  1. Sweeptakes

Beberapa sumber mengatakan sweeptakes hampir sama dengan cashgivesaway. Hanya saja dibedakan oleh hadiah yang diberikan. Pemenang sweeptakes mendapatkan hadiah berupa barang dari penyelenggara kontes. Jika yang menyelenggarakan sweeptakes penjual barang-barang fashion, maka hadiahnya bisa berupa baju, sepatu, atau tas. Sedangkan bagi pemenang cashgivesaway akan mendapatkan hadiah berupa uang tunai.

Apa itu sweeptakes? Sweeptakes merupakan salah satu bentuk kontes berhadiah yang mengharuskan peserta menghasilkan konten promosi sederhana yang dipublikasikan lewat tweet, posting di Facebook, sharing maupun komentar di salah satu thread. Seleksi hasil pemenang kontes biasanya berdasarkan jumlah tweet atau post yang dihasilkan atau kualitas konten promosi si peserta. Ada keuntungan yang Sobat peroleh jika mengadakan kontes ini, yaitu Sobat bisa memperoleh tenaga tambahan untuk mempromosikan produk di media sosial. Dan hasilnya adalah Sobat bisa memperoleh fans baru di halaman Facebook Sobat.

  1. Kompetisi esai

Kompetisi ini biasanya membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan sweeptakes. Keuntungan yang diperoleh adalah melalui kontes ini, maka akan menambah kualitas konten pada halaman Facebook bisnis online Sobat. Sobat bisa membuat tema-tema kompetisi esai yang berhubungan dengan produk yang Sobat jual. Jika Sobat menjual produk fashion, maka Sobat bisa membuat esai yang bertema “Next Fashion in 2014”.

  1. Kompetisi foto

Sebagian besar pengguna Facebook lebih tertarik terhadap visual, yaitu gambar dan foto. Kompetisi ini juga dapat meningkatkan kualitas konten halaman Facebook bisnis online Sobat. Kompetisi Foto adalah kompetisi yang paling mudah dan tidak ribet. Peserta kompetisi hanya menyiapkan kamera sebagai alat pendukung. Siapa pun bisa menggunakan kamera dan juga tidak perlu kamera yang mahal karena hampir semua handphone sudah memiliki fitur kamera.

  1. Kompetisi video

Kompetisi video juga tidak kalah menarik dengan kompetisi foto. Kompetisi ini menuntut kreatifitas peserta kompetisi. Selain bisa menambah fans baru, konten bisnis online Sobat akan lebih menarik dengan adanya “gambar-gambar bergerak” yang menarik fans atau pun fans baru untuk melihat. Dengan adanya fitur video dari Facebook, semua peserta, fans, maupun pembeli akan dengan mudah mengakses video.

Oleh: Winda Chan
Ilustrasi: Ary Pratama
Editor: Kiki A Larasati

http://yea-indonesia.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s