Bikin Iklan Online? Wajib Baca Ini!

Posted on Updated on

ImageSebagian pengusaha memilih melakukan promosi iklan lewat media online. Biasanya pebisnis online membuat iklan di marketplace, iklan baris ataupun melalui Facebook Ads dan Google Adwords. Namun bagi Sobat yang ingin membuat iklan, ada hal-hal yang harus Sobat perhatikan agar iklan menjadi lebih menarik dan berkualitas. USP adalah rahasianya. Apa itu USP?

  • U : Uniue Message

Judul yang menarik akan dapat menghipnotis orang lain untuk membaca atau mengklik iklan yang Sobat buat. Perlu Sobat ketahui bahwa orang tidak akan memperdulikan segala sesuatu tentang Sobat, tapi mereka lebih peduli terhadap diri mereka sendiri. Maksudnya adalah sebagus apapum kualitas barang atau yang Sobat jual dan tawarkan, jika tidak dibutuhkan oleh orang yang melihat iklan yang Sobat buat, maka iklan tidak akan efektif dan akan diacuhkan begitu saja.

Oleh karena itu, buatlah judul atau pesan yang lebih menekankan manfaat produk atau jasa yang Sobat tawarkan dan jangan lupa untuk memberikan solusi terhadap masalah yang dihadapi oleh pembaca jika menggunakan produk atau jasa Sobat.

 

  • S : Strong Visualization

Gambar mendukung suatu judul maupun tulisan sehingga akan menambah rasa tertarik para pembaca. Jika iklan yang Sobat tawarkan berupa gambar, maka berikan gambar yang semenarik mungkin yang relevan dengan judul maupun pesan yang Sobat sampaikan. Ada hal yang perlu Sobat perhatikan jika ingin memberikan gambar dalam iklan:

  1. Sobat harus memperhatikan kualitas gambar yang akan digunakan. Usahakan gambar harus jelas dan fokus pada objek yang akan ditawarkan.

  2. Jangan lupa untuk memperhatikan rasio panjang dan tiinggi dimensi gambar.

  3. Perhatikan kontras warna dari gambar tersebut.

  4. Agar lebih menarik lagi, tambahkan kata-kata menarik pada gambar. Sobat bisa menambahkan kata-kata seperti, “diskon xx%”, “free”, “bonus xx untuk pembelian xx”, “new” dan sebagainya.

 

  • P : Push to Action

Pesan yang diutarakan dalam suatu iklan sebaiknya memiliki tujuan yang jelas bagi orang yang membacanya. Oleh karena itu buatlah sebuah kata yang dapat membuat orang yang melihat iklan agar segera melakukan suatu tindakan atau action. Berikut ini beberapa kata yang bisa Sobat gunakan untuk mengundang orang agar mau melakukan action:

  1. Pesan sekarang!

  2. Dapatkan diskonmu disini!

  3. Klik disini!

  4. Klik untuk free ongkir!

  5. Buruan, stok terbatas!

 

Oleh: Winda Chan
Ilustrasi: Ary Pratama
Editor: Kiki A Larasati

http://yea-indonesia.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s