Pilih Produk Tepat, Penjualan Meningkat

Posted on Updated on

Image

 

Tidak semua produk bisa dijual melalui internet. Oleh karena itu Sobat perlu melakukan riset produk yang akan dijual di media online. Keuntungan akan mudah Sobat raih jika telah memilih produk yang tepat untuk dijual. Resiko kerugian juga akan dapat diminimalisir. Lalu bagaimana mencari produk yang tepat untuk dijual di media online? Berikut ini solusinya:

  • Menjual produk yang tidak cepat turnover 

Turnover adalah produk tersebut memiliki waktu tertentu untuk segera digantikan dengan produk yang lebih baru (up-to-date). Usahakan memilih produk yang bisa bertahan lama di pasaran. Sehingga saat ada pembaharuan produk dari segi tren maupun teknologi, produk yang Sobat jual masih dapat bertahan dan mampu bersaing di pasaran.

 

  • Menjual produk yang memiliki banyak aksesoris

Contohnya adalah saat Sobat berjualan handphone dan persentase keuntungan penjualan tidak terlalu besar, maka Sobat bisa mendongkrak penghasilan dengan cara menjual aksesoris handphone. Contoh lainnya adalah kamera yang memiliki peralatan dan perangkat yang mendukung kinerja seorang fotografer. Salah satunya adalah tripod dan lensa yang merupakan produk aksesoris kamera yang saat ini dikenal dengan istilah Accesory-Rich Nichles.

 

  • Menjual produk yang ringan

Keuntungan yang bisa Sobat dapatkan saat menjual produk yang memiliki bobot yang ringan adalah ongkos kirim bisa jauh lebih murah. Dengan begitu Sobat bisa menawarkan ongkos kirim gratis ke wilayah tertentu. Keuntungan lainnya adalah Sobat akan lebih mudah menyetok barang tersebut di gudang karena produknya ringan.

 

  • Menjual produk terkenal

Agar penjualan bisa meningkat, baiknya Sobat menjual produk yang memang sudah dikenal oleh konsumen agar promosi jauh lebih mudah. Dengan begitu Sobat tidak perlu lagi memberikan penjelasan panjang lebar mengenai produk yang Sobat pasarkan.

 

  • Menjual produk yang sulit ditemukan secara offline

Pilihlah produk yang tidak banyak dijual di toko-toko offline. Hal ini akan memberikan keuntungan bagi Sobat yaitu produk yang Sobat tawarkan akan banyak dicari konsumen, terutama konsumen yang potensial. Tapi Sobat juga harus memperhatikan jumlah permintaan produk di pasaran. Apakah produk tersebut masih dicari atau sudah tidak laku di pasaran?

 

  • Menjual produk yang mudah habis

Sebuah nilai tambah bagi produk Sobat jika produk yang Sobat tawarkan memiliki usia atau masa pakai tertentu. Hal ini akan membuat konsumen membeli kembali produk Sobat di masa yang akan datang. Apalagi jika ditambah dengan pelayanan yang Sobat berikan ternyata memuaskan konsumen, maka konsumen tidak akan segan-segan untuk melakukan repeat order.

 

  • Menjual produk yang sesuai hobi

Hobi ternyata bisa mendatangkan rezeki. Jika Sobat bisa menemukan produk yang sesuai denga hobi, maka hal ini akan dapat mengembangkan bisnis dengan baik. Contohnya bagi Sobat yang suka berbelanja dan mengetahui fashion terkini, tidak ada salahnya menjual produk yang berkaitan dengan dunia fashion seperti pakaian, sepatu, tas dan sebagainya.

Meskipun demikian, pilihlah produk sesuai kondisi dan kemudahan yang akan dijalani. Dalam bisnis tidak perlu mencari produk yang 100% ideal, tapi cobalah untuk fokus mengenai bagaimana mengemas produk sehingga konsumen menjadi tertarik untuk memilikinya.  

 

Oleh: Winda Chan
Ilustrasi: Ary Pratama
Editor: Kiki A Larasati

http://yea-indonesia.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s