Cara Mudah Mengesankan Pelanggan

Posted on Updated on

cara mudah mengesankan

Sulitkah mengesankan pelanggan? Mungkin ini lah yang Sobat alami. Kesan baik dan pelayanan memuaskan yang dirasakan oleh pelanggan akan memberikan keuntungan bagi perusahaan, yaitu terjadinya transaksi pembelian yang berulang-ulang. Namun untuk mengesankan pelanggan ternyata  tidak sesulit yang dibayangkan. Berikut ini beberapa cara agar pelanggan terkesan dan terus melakukan pembelian yang berulang-ulang.

  • Komunikasi yang efektif

Untuk membuat pelanggan terkesan, Sobat harus bisa membangun komunikasiyang efektif. Lalau bagaima caranya? Hal pertama yang harus Sobat lakukan adalah menjadi penjual yang fast responseSobat harus menyempatkan waktu untuk membalas repon maupun pertanyaan calon pembeli maupun pelanggan lama. Berusaha untuk selalu konsisten membangun suasana yang komunikatif selama transaksi jual beli. Selanjutnya pergunakan bahasa yang ramah. Sifat komunikatif akan membuat pelanggan Sobat terkesan.

 

  • Free ongkir (ongkos kirim)

Banyak pelanggan yang cenderung menyukai hal-hal yang ‘gratisan’. Sobat bisa memberikan free ongkir untuk menarik perhatian para pelanggan. Pelanggan akan berpikir jika diberikan free ongkir, maka tidak akan ada dana tambahan lagi yang harus dikeluarkan. Jika Sobat ingin mencoba strategi ini, maka Sobat harus membatasi daerah pengiriman.

 

  • Packaging yang aman dan rapi

Dari bahan yang Sobat gunakan untuk mengemas barang, pembeli bisa menilai apakah penjualnya memiliki niat berjualan atau tidak. Karena ketika barang pertama kali sampai di tangan pembeli, maka akan menjadi kesan pertama pembeli terhadap penjual. So, kemasi barang pesanan pelanggan dengan rapi dan terutama jangan pelit mengeluarkan modal sedikit untuk membeli bahan-bahan yang berkualitas untuk packaging.

 

  • The power of footnote

Catatan kaki akan bisa memberikan kesan tersendiri bagi pembeli meskipun pembeli tidak membaca catatan yang Sobat berikan. Tapi sorotan utamanya adalah perhatian yang Sobat berikan kepada pembeli. Sobat bisa menggunakan kertas kecil untuk menuliskan pesan Sobat kepada pembeli. Tidak perlu bertele-tele dan dibuat-buat. Buat secara sederhana tapi mengandung perhatian, seperti “Terima kasih sudah berbelanja di Toko Kami. Kami tunggu testimonialnya. Salam hangat dari Toko Kami.”

 

  • Feedback

Langkah selanjutnya agar pelanggan menjadi terkesan adalah feedback. Salah satunya adalah dengan memastikan apakah barang pesanan sudah sampai di tangan pembeli atau belum. Sebelumnya Sobat harus mengecek terlebih dahulu dengan memasukkan nomor resi pembeli. Setelah status menjadi delivered, maka inilah saatnya untuk mengontak kembali pembeli.  Jangan lupa untuk meminta testimonial barang yang telah dipesan.

 

Oleh: Winda Chan
Ilustrasi: Ary Pratama
Editor: Kiki A Larasati

http://yea-indonesia.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s