7 Hal Yang Mempengaruhi Kesuksesan Pemasaran Online

Posted on

7 hal yang mempengaruhi

Bisnis online dikatakan sukses apabila Sobat dapat menciptakan pasar yang potensial bagi bisnisnya. Sesungguhnya pasar sudah terbentuk sebelum penjual memulai bisnis. Namun sebagai penjual, Sobat harus memiliki teknik untuk merekonstruksi pasar sehingga dapat menentukan keberhasilan sebuah pemasaran online.

CEO Bukalapak, Ahmad Zaky memaparkan tujuh faktor yang mempengaruhi kesuksesan pemasaran online.

  1. Network effect

Efek jaringan atau network effect perlu dimunculkan dalam fase awal pemasaran online. Fokus utama saat menciptakan efek jaringan terletak pada kuat-lemahnya dampak dari koneksi yang tercipta. Sobat harus bisa menjalin koneksi dalam suatu ruang lingkup yang kecil awalnya, namun berdampak besar di kemudian hari.

Contohnya sebuah acara musik disponsori oleh suatu perusahaan yang memproduksi minuman kesehatan. Tentunya tidak ada hubungan antara minuman kesehatan dengan acara musik. Namun melalui acara musik, maka perusahaan minuman kesehatan tersebut mencoba membangun efek jaringan di kalangan masyarakat. Semakin banyak yang menonton, maka semakin banyak orang yang akan “terbujuk” untuk mengkonsumsi produk tersebut.

  1. Search Engine Optimization (SEO)

Zaky mengungkapkan bahwa pemasaran online ibarat jalan raya. Penjual online harus membangun toko di tempat strategis dan mudah dilihat oleh orang. Oleh karena itu Sobat harus dapat meningkatkan rating website dalam search engine agar toko online Sobat dilihat banyak orang.

  1. Content marketing strategy

Salah satu jalan dalam mensukseskan pemasaran online adalah dengan menyajikan konten berkualitas dan informatif di website atau toko online Sobat. Zaky mengungkapkan bahwa konten adalah sesuatu yang sifatnya free alias dapat diciptakan tanpa biaya sepeserpun. Konten yang menarik dan informatif akan meningkatkan jumlah pengunjung yang nantinya akan diarahkan menjadi pembeli potensial Sobat.

  1. Integrated Digital Marketing (IDM)

IDM berkaitan erat dengan The Snowball Effect, yaitu teknik memulai sesuatu yang kecil secara konsisten. Meskipun awalnya kecil, lama kelamaan akan menjadi besar karena dirintis secara berkala. Zaky menjelaskan bahwa strategi yang diterapkan hari ini harus memiliki dampak untuk masa depan. Satu langkah dalam pemasaran harus berkaitan dengan langkah-langkah berikutnya.

  1. Conversion

Konversi adalah bagaimana Sobat dapat memetakan kunjungan sebuah website atau toko online. Sobat harus menganalisis komposisi kunjungan dalam kurun waktu tertentu. Contohnya menganalisis berapa banyak pengunjung website, berapa persen yang melihat produk tertentu, berapa persen yang melakukan pembelian dan sebagainya. Dengan mengetahui komposisi kunjungan, maka hal ini akan membantu Sobat dalam menentukan strategi pemasaran yang tepat untuk meningkatkan penjualan toko online Sobat.

  1. Platform understanding

Platform yang dimaksud adalah suatu wadah yang menjadi tempat berkumpul dalam bisnis online, yaitu meliputi media sosial seperti Twitter, Facebook, Instagram, Pinterest maupun Blog. Dalam hal ini Sobat harus jeli dalam memilih platform yang sesuai untuk berbisnis. Berbisnislah melalui platform yang sedang hits agar Sobat dapat mengikuti tren di masyarakat.

  1. Micro target

Saat Sobat berjualan online maupun offline, belum tentu Sobat bisa menyenangkan semua pihak dalam waktu yang bersamaan. Oleh karena itu Sobat perlu menetapkan target pasar dalam waktu tertentu. Tentukan target di tiap pasar yang ingin Sobat jalankan dan buatlah target pemasaran secara berkala berdasarkan pilihan pasar Sobat.

Oleh: Winda Chan
Ilustrator: Ary Pratama
Editor: Kiki A Larasati

http://yea-indonesia.com

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s