4 Rahasia Membangun Brand Audience

Posted on Updated on

Image

Bagi Sobat yang berprofesi sebagai penjual online maupun offline, tentunya mengharapkan produk atau jasa Sobat dikenal banyak orang. Bagi penjual online, media sosial menjadi sarana untuk memperkenalkan produk maupun jasa tersebut. Pemahaman mengenai cara membangun hubungan dan ketertarikan brand dengan audiensi (brand audiencei) di media sosial menjadi kebutuhan yang harus dipenuhi sebagai syarat membangun bisnis online.

Sebelum Sobat membangun brand audience, maka ada beberapa hal pokok yang perlu Sobat ketahui :

  1. Perlu Sobat ketahui bahwa audiens akan menjadi loyal jika mereka dapat merasakan manfaatnya dari konten yang Sobat berikan. Apabila audiens bisa merasakan manfaat dari konten yang Sobat berikan, maka mereka akan dengan cepat untuk memutuskan menjadi fans atau followers.

  2. Promosi bisnis tentu sangat penting. Namun yang harus Sobat perhatikan adalah saat Sobat menggunakan media sosial, bukan berarti harus selalu berjualan ataupun promosi. Hal terpenting adalah membangun brand bisnis dan meningkatkan ketertarikan antara perusahaan Sobat dengan audiens.

Setelah Sobat memahami kedua hal di atas, maka selanjutnya coba menerapkan 4 rahasia membangun brand audience:

  1. Communicate

Komunikasi yang baik adalah komunikasi dua arah. Oleh karena itu penentuan topik haruslah tepat agar tercipta komunikasi dua arah. Hal ini ditandai oleh adanya feedback dari tulisan yang Sobat share di media sosial. Feedback bisa berupa komentar, like, atau share. Semakin banyak orang yang memberikan feedback, maka Sobat akan dapat membangun komunikasi yang efektif dan akhirnya brand Sobat akan mudah dikenal.

 

  1. Collaborate

Setelah berhasil membangun komunikasi, maka selanjutnya Sobat dapat membangun kerja sama dengan audiens. Pada tahap ini Sobat harus bisa membuat audiens merasa memiliki brand dan menjadi lebih dekat dengan brand Sobat. Banyak brand besar yang membangun komunitas yang berhubungan dengan brand-nya dan berkolaborasi dengan komunitas tersebut. Hal ini dilakukan untuk mengikat anggota komunitas agar semakin dekat dengan brand perusahaan.

 

  1. Educate

Tahap selanjutnya adalah mengedukasi audiens mengenai hal yang berhubungan dengan produk Sobat. Tujuannya adalah agar muncul kesadaran di dalam diri audiens mengenai pentingnya produk yang Sobat tawarkan.

Bagi Sobat yang menjual produk fashion seperti pakaian, maka Sobat bisa memberikan manfaat kepada audiens berupa cara mencuci baju agar warna tetap awet, membuat baju warna putih tetap awet, bagaimana membedakan penjual jujur atau tidak, atau konten lain yang bermanfaat.

  1. Entertain

Sesekali berikan konten hiburan, lucu, unik atau yang lain. Audiens yang membacanya akan merasa lebih fresh dan sedikit melupakan kepenatan dari kesibukan kerja mereka.

 

Oleh: Winda Chan
Ilustrasi: Ary Pratama
Editor: Kiki A Larasati

http://yea-indonesia.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s