5 Jurus Sakti Meningkatkan Permintaan Konsumen

Posted on

Image

Bisnis dikatakan sukses apabila permintaan konsumen semakin meningkat dari waktu ke waktu. Minimal permintaan tidak mengalami penurunan yang drastis. Agar permintaan meningkat, tentunya Sobat membutuhkan berbagai macam strategi yang tepat untuk dijalankan. Mungkin salah satu yang pernah Sobat lakukan adalah dengan melakukan berbagai penelitian, seperti riset pasar mengenai apa yang dibutuhkan konsumen dan bagaimana menyakinkan konsumen bahwa produk yang Sobat jual bagus dan berkualitas.

Berikut ini 5 jurus sakti yang bisa Sobat coba untuk meningkatkan minat konsumen terhadap produk Sobat.

  1. Riset : selalu memantau kebutuhan pasar

Jangan pernah berhenti untuk mencari tahu apa yang dibutuhkan oleh Konsumen. Sobat harus bisa memanfaatkan hasil survey atau testimonial yang diberikan konsumen saat memberikan komentar terhadap produk maupun pelayanan yang Sobat berikan. Dari hasil riset tersebut, maka bisa saja muncul ide-ide kreatif yang dapat memberikan inovasi terbaru terhadap produk yang Sobat jual. Jika konsumen suka, maka permintaan pun akan meningkat.

  1. Menghasilkan konten yang berkualitas

Jika Sobat baru merintis suatu usaha, maka Sobat harus lebih gencar dalam melakukan promosi dan meyakinkan kosumen bahwa produk yang Sobat miliki bermanfaat dan berguna bagi konsumen. Sobat bisa mereview dan mengenalkan produk di berbagai media sosial agar dapat memberikan informasi kepada pembaca atau konsumen bahwa produk yang Sobat tawarkan memiliki manfaat bagi konsumen.

  1. Membuat grup khusus

Agar konsumen bisa terus menerus membeli produk Sobat, maka ada cara lain yang bisa Sobat lakukan. Cobalah untuk membuat grup khusus. Hal ini bertujuan untuk menjalin komunikasi berkelanjutan dengan konsumen, menjalin kedekatan secara lebih personal ke tiap-tiap pelanggan Sobat, dan yang terakhir adalah agar Sobat dapat memberikan penawaran khusus untuk konsumen yang telah tergabung dalam grup. Kepedulian Sobat terhadap konsumen akan membuat konsumen menjadi lebih respect terhadap toko online Sobat.

  1. Berikan penawaran produk khusus konsumen baru

Awalnya mungkin konsumen merasa ragu untuk mencoba produk Sobat. Hal ini biasanya sering terjadi. Namun Sobat bisa memberikan beberapa penawaran untuk memikat konsumen-konsumen baru. Cara ini merupakan cara yang paling banyak dilakukan oleh banyak penjual. Biasanya mereka memikat kosumen baru dengan memberikan diskon, promo, voucher atau pun ada juga yang memberikan produk secara cuma-cuma untuk konsumen baru agar mau mencobanya. Nantinya setelah konsumen mencoba produk yang Sobat tawarkan dan dinilai bagus dan bermanfaat, maka kemungkinan besar akan kembali lagi untuk membeli produk Sobat.

  1. Review konsumen

Manfaatkan website yang Sobat miliki dengan menambah fitur review produk atau kolom testimonial agar konsumen bisa memberikan masukkan terhadap produk maupun pelayanan Sobat. Kepercayaan konsumen terhadap produk yang Sobat tawarkan akan tercipta dari testimonial yang telah diberikan oleh konsumen sebelumnya. Konsumen tidak akan ragu membeli jika ulasan produk Sobat baik di mata mereka. Hasiil review tersebut akan bisa menjadi tolak ukur perkembangan masa depan bisnis Sobat.

Oleh: Winda Chan
Ilustrasi: Ary Pratama
Editor: Kiki A Larasati

http://yea-indonesia.com

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s